10 Cara Mengatasi Komputer Rusak, Dijamin Ampuh dan Awet

Cara Mengatasi Komputer Rusak – Dewasa ini, penggunaan barang elektronik seperti komputer atau PC sangatlah tinggi. Belum lagi belakangan ini sudah banyak gamer yang mulai rakit – rakit PC demi bisa memainkan game favorit mereka.

Ditambah lagi dengan banyaknya game PC yang semakin bervariasi, sehingga para gamer ini pasti semakin betah untuk duduk berjam – jam di depan PC. Dengan tingginya intensitas penggunaan komputer ini, maka tidak menutup kemungkinan perangkat tersebut alami gangguan atau bahkan rusak.

Di bawah ini adalah hal – hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari dan mengatasi komputer rusak.

Daftar isi

Cara Mengatasi Komputer Rusak

Ada beberapa hal sepele yang harus kamu lakukan namun bisa berguna untuk menghindari PC rusak sehingga perangkatmu ini bisa jadi awet dan tahan lama selama bertahun-tahun!

1. Jangan Merokok atau Nge-Vape di Depan PC

Terdengar sepele, ‘kan? Namun percayalah sebenarnya asap rokok tak hanya merusak paru – paru, namun juga menjadi penyebab PC rusak. Tak hanya PC saja, lho! Perangkat konsol seperti PlayStation juga bisa rusak olehnya.

Pernyataan serupa juga dikeluarkan oleh Apple, sang Giant Tech, yang namanya pasti tak asing lagi di telingamu. Yang jika dilihat dari kacamata sains, asap rokok mengandung kandungan tar yang bisa menempel dan menjadi tebal hingga menutupi bahkan merusak PC.

Perangkat yang ada di PC bersifat panas dan secara alami menarik debu serta kotoran yang ada di sekitarnya. Sementara itu, asap rokok merupakan asap yang paling buruk dan sangat membahayakan.

2. Jangan Makan di Atas Keyboard

Mengerjakan pekerjaan atau main game sambil makan memanglah nikmat. Namun, jangan salah bahwa kebiasaan ini juga berpotensi menjadi penyebab komputer rusak, terlebih lagi jika kamu makannya di atas keyboard.

Hal tersebut bisa menyebabkan remahan atau sisa – sisa makanan yang kamu kunyah jatuh ke atas keyboard dan masuk ke dalamnya. Tentu saja ini bisa menyebabkan rusaknya komponen kecil yang ada di keyboard.

Atau lebih parahnya, keyboardmu akan menjadi sarangnya para semut! Hiii!

3. Jangan Asal Download

Mengunduh file dari source resmi saja belum tentu bisa dijalankan dengan baik, apalagi jika kamu download file atau game dari sumber yang tidak bisa dipercaya. Wah, bisa – bisa PC milikmu kemasukan malware yang tak diinginkan!

Jadi, berhati – hatilah dalam menggunakan internet khususnya ketika mendownload file dari source yang tidak resmi. Karena file yang kamu unduh belum tentu sehat dan aman bagi PC.

4. Jangan Sembarang Mematikan Komputer

Jika menyalakan PC ada prosedurnya, maka hal itu berlaku pula untuk mematikan PC. Tidak sedikit loh gamer atau pengguna PC yang asal cabut kabel saja ketika ingin mematikan PC. Tentunya hal ini bisa berdampak sangat fatal bagi kesehatan komputermu. Bisa bisa PC rusak dengan instan!

Apa saja dampak kerusakan yang cukup parah untuk beberapa komponen pada PC gaming jika asal dimatikan? BANYAK BANGET LOH! Korbannya adalah RAM, Prosesor, Hard Disk, power supply, dan masih banyaaaak lagi!

Jadi, secapek apapun kamu, tolong matikan PC pelan – pelan dan sesuai prosedur, ya!

5. Rutin Dibersihkan

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi komputer rusak adalah rutin dibersihkan. Tidak harus setiap hari, kok! Minimal satu bulan sekali saja sudah cukup untuk menjaga kebersihan PC.

Hal sederhana nan sepele yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan PC adalah membersihkan keyboard sampai ke sela – sela, membersihkan layar, dan menyapu debu dari banyaknya perangkat di dalam CPU. Pastikan untuk melakukannya ketika PC dalam keadaan tidak menyala, ya!

6. Rutin Bersihkan Cache

Tak hanya perangkat kerasnya saja, perangkat lunak di PC pun juga jangan sampai luput dari perhatian! Hal paling sederhana selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan cache.

Menurut sepuh dari Gamebrott, beginilah cara cepat menghapus cache atau file sampah yang Windows 11:

  • Ketik di pencarian Windows: %temp%
  • Kamu akan diantarkan ke folder Temporary Files
  • Tekan Ctrl + A, lalu Delete
  • Selesai

7. Jangan Paksain ‘Rata Kanan

Istilah ‘rata kanan‘ di kalangan gamers merujuk pada seluruh pengaturan grafik yang ada di dalam sebuah game diset pada kualitas terbaiknya. Kenapa istilahnya rata kanan? Karena banyak video game yang opsi pengaturan grafis nya diatur dengan menggerakkan sebuah slider secara horizontal. Jadi, semakin ke kanan, maka semakin bagus.

Namun, tidak semua PC sanggup untuk mengangkat sebuah game ke dalam kualitas terbaiknya. Bisa jadi PC-mu sendiri tidak sanggup untuk melakukannya. Bisa diibaratkan seseorang yang kurus kering tapi disuruh angkat beban 1 ton. Akhirnya apa? Benar, jadi bengek.

Analogi ini juga berlaku untuk PC-mu. Jadi, stop menyiksa dan push PC-mu melebihi batasnya! Sayangilah dia seperti anakmu sendiri! :< Setidaknya inilah hal yang paling mendasar yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi PC rusak.

8. Gunakan UPS Jika Rawan Mati Listrik

Cara mengatasi PC rusak selanjutnya adalah adanya UPS. UPS atau Uninterruptible Power Supply juga sangat membantu menjaga PC agar selalu awet dan tidak gampang rusak. Fungsinya sebagai daya sementara jika terjadi adanya kegalalan arus listrik.

Jadi, anggap saja daerah tempatmu tinggal rawan mati listrik dan tidak terprediksi pula kapan listriknya akan mati, maka UPS akan sangat membantu sebagai daya sementara agar kamu memiliki waktu untuk menyimpan progress pekerjaan atau permainan sebelum kamu mematikan PC dengan baik sebagaimana yang sudah dituliskan di poin sebelumnya.

9. Selalu Gunakan Anti Virus

Seperti namanya, Anti Virus ini berguna untuk mengusir virus – virus yang berpotensi akan menyakiti perangkat komputermu. Dengan program ini, dia akan membantumu untuk memeriksa, mencegah, dan mendeteksi hal – hal yang akan merusak.

Jadi, jangan anggap sepele ya anti virus ini, brott! Karena dia lah yang bertugas melindungi PC-mu dari hal – hal jahat yang mungkin masuk kedalam perangkat.

10. Ganti Thermal Paste CPU Secara Berkala

Saat merakit PC, mungkin hal – hal yang kita fokuskan adalah RAM, Prosesor, hard disk, atau perangkat besar lainnya yang terlihat di mata. Namun, sebenarnya ada satu komponen lain yang seharusnya tak boleh luput dari perhatian, yaitu Thermal Paste.

Thermal Paste berfungsi untuk mendinginkan prosesor, cooling fan, dan lain-lain. Sebenarnya, thermal paste sudah lebih dulu dioleskan oleh pabrik, namun, lama-kelamaan dia akan memudar. Nah, inilah yang harus diperhatikan oleh gamers sejati; mengganti Thermal Paste secara berkala.

Itulah 10 cara mengatasi PC rusak sehingga menjadi awet dan tahan lama agar bisa digunakan dalam jangka panjang. Terdengar sepele, namun sangat membantu ‘kan?